Saturday, February 9, 2013

People, Culture atau Sistem (part 2.5)


Perubahan adalah respon terencana atau tak terencana terhadap tekanan-tekanan dan desakan-desakan yang ada.

Manajemen Perubahan adalah upaya yang dilakukan untuk mengelola akibat-akibat yang ditimbulkan karena terjadinya perubahan dalam organisasi. Perubahan  dapat terjadi karena sebab-sebab yang berasal dari dalam maupun dari luar organisasi tersebut. 

Ketika kita hendak melakukan proses perubahan, maka harus disadari adanya lime elemen dalam organisasi yang mesti digerakkan secara serentak agar pross perubahan menjadi berhasil. Kelima elemen itu adalah : 
1. System (Process), 
2. Leadership (Organization), 
3. Structure (Management), 
4. People,
5. Culture (shared values).

Tahun 2003, saya pernah melemparkan pertanyaan mengenai permasalahan di Perusahaan yang saya lihat saat kerja praktek di suatu perusahaan Sidoarjo.

Yaitu mengenai prioritas perbaikan dan manajemen perubahan. Antara Sistem, Kultur atau People. Terdapat 22 tanggapan dari 11 member yang menanggapi pertanyaan yang saya ajukan, selengkapnya silahkan klik sistem-kultur-atau-people (part 1).

Hasil "survey" 2003 adalah sebagai berikut:
People (60%)
Sistem (30%)
Culture (10%)

Lalu setelah 10 tahun, yaitu tahun 2013 ini saya melemparkan pertanyaan serupa. Dengan total 10 tanggapan dari 8 member, selengkapnya silahkan klik People-Culture-atau-Sistem-(part 2).

Hasil "survey" adalah sebagai berikut:
People (29%)
Sistem (57%)
Culture (14%)

Dari hasil "penelitian survey" tersebut dapat kita ambil kesimpulan kecil bahwa selama 1 dasawarsa ini orang sudah banyak lebih fokus kepada Sistem daripada People sebagai fokus perhatian. 

Hal ini ditunjukkan bahwa tahun 2003 banyak yang menyatakan People adalah sebagai obyek yang harus diperhatikan dalam perbaikan dan perubahan, sebanyak 60% dan setelah 10 tahun yaitu pada tahun 2013 hanya 29% saja.

Sedangkan Sistem pada 10 tahun yang lalu, yaitu tahun 2003 hanya sebanyak 30% saja yang menjadikannya pusat perhatian dalam perbaikan dan perubahan. Namun kemudian pada tahun 2013 menjadi 57%.

Dan Culture tetaplah dianggap sebagai akibat dari 2 hal faktor utama perubahan yaitu Sistem dan People. Sehingga dari tahun 2003 hanya 10% saja yang menyatakan sebagai obyek yang harus diperhatikan dan tahun 2013 tetap menjadi pupuk bawang yaitu sebanyak 14% saja.

No comments:

Post a Comment

Related Posts